fbpx

Cara Merawat Mesin Depot Agar Awet dan Terjaga Kualitasnya

Cara Merawat Mesin Depot

Cara Merawat Mesin Depot ~ Sukses menjalani usaha isi ulang air, tidak hanya mengandalkan pelayanan yang baik. Bertahan atau tidaknya konsumen, juga sangat tergantung dari kualitas air yang dihasilkan. Kualitas air itu sendiri dipengaruhi oleh mesin yang digunakan. Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan mesin depot air secara rutin.

Tidak peduli harga mesin depot yang mahal sekalipun, tentu tetap membutuhkan perawatan supaya awet. Seperti contohnya, plumbing yang kotor bercampur debu dapat menyebabkan air menjadi berbau. Jika hal ini terjadi, pasti banyak pelanggan yang mengeluh. Yuk, pelajari cara merawat depot air dengan baik dan benar!

5 Cara Merawat Depot Air dengan Benar

Supaya mesin tahan lama dan selalu menghasilkan air bersih yang berkualitas, ikuti cara perawatan mesin depot berikut ini.

1. Lakukan Pengurasan Air

Di awal pemasangan, depot air minum tidak dapat langsung digunakan. Saat baru pertama kali di pasang, air akan berbau karena terkena debu dan lem dari pipa. Posedur yang harus dilakukan yaitu melakukan pengurasan untuk mengurangi air yang berbau.

Setelah pemasangan, buang air melalui sekang pengisian sebanyak 5 galon air setiap jam 6 pagi. Sekitar 5 jam kemudian, buang lagi sebanyak 5 galon air. Lalu, buang lagi sekitar jam 3 sore sebanyak 5 galon air. Malam harinya, kurang lebih pukul 8 buang 5 galon air lagi.

Biasanya, air akan berbau sampai 3 hari setelah pemasangan. Jika bau tetap tidak hilang sampi satu minggu lebih, coba mengganti semua filter yang ada. Lakukan upaya tersebut sampai air minim yang dihasilkan benar-benar bersih, segar, dan tidak berbau. Perawatan jangka panjang supaya air tidak berbau atau kotor, yaitu diakukan dengan pembuangan air sebanyak 1 galon setiap pagi sebelum membuka toko.

Cara Merawat Mesin Depot

2. Gunakan Ultraviolet (UV) yang Benar

Banyak pengusaha depot air yang belum tahu cara menggunakan ultra violet dengan benar. Nyalakan UV hanya saat melakukan pengisian saja. Jika dinyalakan terus menerus dapat menyebabkan air dalam tabung memuai. Hal ini karena sinar mengeluarkan kalor.

Berbeda lagi jika usaha yang dijalankan sudah cukup lama dan memiliki banyak pelanggan. Biasanya, depot air seperti ini bisa melakukan aktivitas pengisian setiap 5 menit sekali. Kondisi ini memperbolehkan UV menyala setiap saat.

3. Pastikan Lemari Pengisian Bersih Setiap Hari

Usaha ini menjual minuman untuk dikonsumsi, jadi pastikan tempat berjualan selalu bersih terutama lemari pengisian. Gunakan kain lap basah untuk membersihkan bagian dalamnya. Lalu, keringkan menggunakan kain yang kering.

Boleh menggunakan produk pembersih kaca untuk membersihkan kaca bagian luar. Ingat, membersihkan bagian dalam menggunakan cairan pembersih tidak disarankan. Kandungan dalam produk tersebut dapat mencemari air saat pengisian.

4. Cuci Tabung Media

Pembersihan tabung dilakukan dua kali seminggu, tergantung tingkat kejernihan air yang digunakan atau banyaknya penjualan dalam satu hari. Apabila masih pemula, misal hanya ada 5 penjualan dalam sehari, bisa membersihkan tabung hanya sebulan sekali.

Lakukan penggantian isi tabung seperti pasir silika, karbon aktif, dan yang lainnya setiap 1 tahun sekali. Sebagai pebisnis air depot, tidak boleh lalai melakukan perawatan perangkat yang satu ini. Ingin mendapatkan harga mesin depot yang terjangkau dengan kualitas terjamin? Silahkan bekerja sama dengan distributor INVIRO.

5. Bersihkan Tabung Filter Air

Filter air merupakan bagian terpenting dari mesin depot air. Sehingga, kebersihannya harus selalu diperhatikan. Hausing filternya juga perlu dirawat secara rutin. Lakukan pembersihan setidaknya 1 minggu sekali, jangan menunggu sampai tabung filter berwarna kecokelatan.

Media filter juga harus diganti setiap 1 tahun sekali, tergantung kondisi air baku. Kasus tertentu bisa 6 bulan sekali. Hal ini karena sumber air yang digunakan lumayan kotor. Sementara untuk filter katrid, dilakukan setiap 4 bulan sekali.

Kesuksesan suatu usaha tidak lepas dari ketelatenan seseorang dalam melakukan perawatan perangkat usahanya. Selain itu, sukses juga dipengaruhi oleh distributornya. Pastikan bekerja sama dengan distributor yang tepat seperti INVIRO, karena sangat terpercaya dan telah menangani banyak klien besar. Jangan khawatir soal harga, karena INVIRO menawarkan harga mesin depot yang sangat beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan budget Anda. Ref

Sekian informasi terbaru Juli 2022 dari airminum.co.id mengenai Cara Merawat Mesin Depot Agar Awet dan Terjaga Kualitasnya semoga bermanfaat bagi bapak/ibu semuanya, silahkan feel free saja untuk menghubungi Kontak CS INVIRO. Terimakasih selamat bergabung dan menjadi mitra INVIRO. Semoga kesuksesan, kesehatan & kebahagiaan senantiasa dilimpahkan kepada Bapak/Ibu sekeluarga sekalian. Cara Merawat Mesin Depot